Pasti pernah melihat knalpot motor drag luar negeri yang dibalut bahan macam kain. Nama pembalut itu exhaust wrap. Agar panas mesin stabil dan tidak langsung dibuang ke udara. Karena untuk mendapatkan power mesin yang maksimal, perlu temperatur kerja optimal.
Motor yang menggunakan knalpot titanium tidak perlu exhaust wrap agar kerjanya maksimal. Karena titanium memiliki konduktivitas termal yang rendah. Konduktivitas termal adalah kemampuan mengantarkan panas. Makin rendah akan sulit membuang panas.
Konduktifitas thermal titanium 21.9 W.m-¹.K-¹. Sedangkan besi 80.4 W. m-¹.K-¹. Kecepatan membuang panas titanium hanya 1/3 dari besi atau stainless steel. “Makanya suhu mesin cenderung stabil,” jelas Jerry yang juga membuat baut titanium untuk keperluan balap.
Motor yang menggunakan knalpot titanium tidak perlu exhaust wrap agar kerjanya maksimal. Karena titanium memiliki konduktivitas termal yang rendah. Konduktivitas termal adalah kemampuan mengantarkan panas. Makin rendah akan sulit membuang panas.
Konduktifitas thermal titanium 21.9 W.m-¹.K-¹. Sedangkan besi 80.4 W. m-¹.K-¹. Kecepatan membuang panas titanium hanya 1/3 dari besi atau stainless steel. “Makanya suhu mesin cenderung stabil,” jelas Jerry yang juga membuat baut titanium untuk keperluan balap.
(sumber: motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar